Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bung Karno (UBK) Tahun Akademik 2024/2025

Bersama ini kami kuliahkaryawanmurah.com menyampaikan informasi tentang Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Bung Karno (UBK) Tahun Akademik 2024/2025, Sebagai berikut :

Sejarah Universitas Bung Karno

Yayasan Pendidikan Soekarno berdiri pada tanggal 27 September 1981 di inisiasi dan diprakasai oleh Ibu Hj. DR (HC) Rachmawati Soekarnoputri, SH, MH., merupakan organisasi yang meneruskan cita-cita, pemikiran dan pengabdiannya, melalui bidang pendidikan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dalam kerangka “Nation and Character Building” yang dicetuskan dan digelorakan oleh Bapak Bangsa, Bung Karno. Sebagai salah satu wujud pengabdian di bidang pendidikan, pada tahun 1983 Yayasan Pendidikan Soekarno mendirikan Perguruan Tinggi yang diberi nama Institut Ilmu Pengetahuan Dan Kebudayaan Bung Karno.

Untuk menyesuaikan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia, Institut Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Bung Karno di ubah berdasarkan Keputusan Ketua Umum Yayasan Pendidikan Soekarno, lbu Hj. DR (HC) Rachmawati Soekarnoputri, SH., MH., Nomor : 279/YPS/VIII/1983 menjadi Universitas Bung Karno.

Baca Juga:   Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Institut Teknologi Indonesia (ITI) Tahun Akademik 2024/2025

Semula, Kampus Universitas Bung Karno terletak di Gedung Perguruan Rakyat, di Jalan Jendral Soedirman, Semanggi, Jakarta, kemudian di pindahkan ke Gedung Wisma Ciliwung, Bukit Duri Tanjakan, Jakarta Selatan.

Didirikannya Universitas Bung Karno oleh Yayasan Pendidikan Soekarno mendapat sambutan dari masyarakat yang luar biasa. Hal ini terbukti dari banyaknya jumlah calon dosen dan calon mahasiswa yang mendaftar. Pada Tahun Akademik 1983/1984, jumlah calon mahasiswa peserta test ujian masuk di UBK sebanyak 4.200 orang dari 5.000 orang yang mengajukan formulir permohonan, sedangkan jumlah pelamar dosen sebanyak 221 orang.

Walaupun Pemerintah pada masa itu tidak memberikan ijin berdirinya Universitas Bung Karno, pihak Yayasan Pendidikan Soekarno tetap berupaya sekuat tenaga untuk mendirikan Universitas Bung Karno, dengan membentuk kembali Panitia Persiapan Universitas Bung Karno pada tahun 1996 yang di perbaharui pada tahun 1998. Atas berkat Rachmat Tuhan Yang Maha Kuasa dan dengan usaha Pengurus Yayasan Pendidikan Soekarno dibawah pimpinan Ibu Hj. Rachmawati, maka :

Baca Juga:   Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Amikom Yogyakarta (UAYO) Tahun Akademik 2024/2025

12 Mei 1999, Pertemuan dengan Tim yang dipimpin oleh Hj, DR (HC) Rachmawati Soekarnoputri, SH.,MH., selaku Ketua Umum Yayasan Pendidikan Soekarno, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Prof. Dr. Juwono Soedarsono, BA., M.S., M.A., Ph.D., menyatakan bahwa Pemerintah mengijinkan berdirinya Universitas Bung Karno dan tidak melarang Marhaenisme dan Ajaran Bung Karno lainnya diajarkan kepada mahasiswa.

11 Juni 1999, Pemerintah mengijinkan berdirinya Universitas Bung Karno melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 101/D/0/1999. 25 Juni 1999. Presiden Republik Indonesia Ketiga Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, FREng berkenan meresmikan berdirinya Universitas Bung Karno di Istana Negara. 28 Juni 1999, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan meresmikan Kampus Universitas Bung Karno di Jalan Kimia No. 20, Menteng, Jakarta Pusat.

Baca Juga:   Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Tarumanagara (UNTAR) Tahun Akademik 2024/2025

Pendaftaran di Universitas Bung Karno TA 2024/2025

Jadwal Pendaftaran

  • Gelombang 1 : 1 Februari – 30 Juni 2024
  • Gelombang 2 : 2 Juli – 5 September 2024

Syarat Pendaftaran

  • Menyerahkan fotocopy Ijazah dan Transkrip SLTA/sederajat yang dilegalisir basah (3 lembar)
  • Fotocopy KTP (3 lembar)
  • Fotocopy Akte Kelahiran (3 lembar)
  • Fotocopy Kartu Keluarga (3 lembar)
  • Foto 3×4, 4×6 masing – masing 3 lembar (latar belakang warna merah)
  • Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Rumah Sakit atau Puskesmas
  • Sertifikat Vaksin
  • Materai Rp. 10.000 (2 lembar)
  • Fotocopy NPWP *jika ada
  • Membayar Biaya Pendaftaran
  • Melampirkan Surat Keterangan Kerja minimal 1 tahun *khusus kelas karyawan
  • Penulisan nama dalam Formulir Pendaftaran sesuai dengan Ijazah
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

Loading