Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru S2 Universitas Advent Indonesia (UNAI) Tahun Akademik 2024/2025

Bersama ini kami kuliahkaryawanmurah.com menyampaikan informasi tentang Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru S2 Universitas Advent Indonesia (UNAI) Tahun Akademik 2024/2025, Sebagai berikut :

Sejarah Universitas Advent Indonesia

Universitas Advent Indonesia (UNAI) berasal dari suatu sekolah pendidikan yang didirikan di Cimindi pada tahun 1929 bernama Opleiding School der Advent Zending, suatu sekolah untuk pendidikan penginjil-penginjil Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh. Dalam perkembangannya, lokasi sekolah tersebut dipindahkan ke Gadobangkong, Cimahi, pada tahun 1938. Namun dampak Perang Dunia Kedua yang terasa sampai ke Indonesia memaksa sekolah ditutup pada tahun 1942.

Setelah Perang Dunia Kedua berakhir, sekolah tersebut dibuka kembali pada tahun 1948 dengan nama baru, Indonesia Union Seminary (disingkat IUS). Program pendidikannya ditambah dengan program pendidikan guru. Satu tahun kemudian, yaitu pada tanggal 19 Agustus 1949, program pendidikannya ditingkatkan menjadi Program Pendidikan Tinggi atau Junior College, yaitu program pendidikan dua tahun di atas SLTA. Kemudian pada tahun 1962 program dua tahun (Junior College) ditingkatkan menjadi program Sarjana Muda (BA) tiga tahun yang meliputi jurusan-jurusan Kependetaan, Keguruan dan Administrasi Bisnis (Business Administration). Nama perguruan tinggi ini pun diganti menjadi Perguruan Tinggi Advent (disingkat PTA). Pada tahun 1963 program Sarjana Muda (BA) empat tahun mulai dijalankan. Dengan demikian program pendidikan Sarjana Muda ini setara dengan program pendidikan Sarjana Muda Luar Negeri.

Baca Juga:   Master & PhD Scholarships, University of Seoul, Korea

Dengan semakin berkembangnya program studi pada jurusan Keguruan & Ilmu Pendidikan, maka pada tahun 1971 namanya diubah lagi menjadi Institut Theologia & Keguruan Advent (disingkat ITKA). Perubahan nama yang terbaru terjadi pada tahun 1982, yaitu dengan keluarnya SK. Menteri Pendidikan & Kebudayaan No. 0338/0/1982 tertanggal 2 Nopember 1982 yang mengesahkan pergantian peningkatan nama Institut Theologia & Keguruan Advent (ITKA) menjadi Universitas Advent Indonesia (disingkat UNAI).

Universitas Advent Indonesia memiliki enam fakultas, yaitu: Fakultas Filsafat, Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keperawatan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknologi Informasi. Selain itu sekarang telah dibuka 2 program Pasca Sarjana.

Perkembangan yang Mengarah ke Pendiriannya

Baca Juga:   Undergraduate Scholarships 2010 in Medical Sciences at The Latin American School of Medical Sciences, Cuba

UNAI berawal dari kebutuhan Gereja Advent akan lembaga pendidikan untuk melatih pemuda pribumi menjadi pekerja gereja. Gagasan untuk memenuhi kebutuhan tersebut muncul pada saat Uni Hindia Belanda menjadi bagian dari Divisi Eropa Tengah yang berkedudukan di Berlin pada awal tahun 1929.

Kedatangan para misionaris Jerman membuka sekolah pelatihan pertama di Cimindi, Cimahi Jawa Barat. Sekolah tersebut diresmikan pada tanggal 5 November 1929 oleh Pendeta Ohme, presiden NEIUM. Nama Sekolah Pelatihan itu adalah Opleiding School der Advent-Zending, dipimpin oleh guru-guru Jerman seperti H. Easing dan L. M. D. Wortrnan, dan K. Mandias seorang pribumi sebagai guru bahasa Melayu. Pada tanggal 15 November, kelas dimulai dengan 10 siswa, yaitu: P. Kauripan, S. Kauntul, M. Silitonga, V. E. Siwij, Van Drongolen, Luntungan, A. Rhebok, Ch. Rhebok, E. H. Vijsma, M. H. Wauran. Wisuda pertama dilakukan pada tahun 1931 dengan tujuh orang mahasiswa. Mereka langsung masuk sebagai penginjil literatur, guru sekolah dan pekerja Injil. Sekolah itu bekerja di bawah kepemimpinan H. Eilsing (1929-1931) kemudian dilanjutkan oleh L.M.D. Worman (1931-1942). Pada tahun 1942, sekolah tersebut ditutup karena Perang Dunia II. Wortman ditangkap oleh Tentara Jepang dan ditahan di penjara sampai dia meninggal pada tahun 1943.

Baca Juga:   Pendaftaran Politeknik Negeri Semarang Tahun 2019/2020

Pendaftaran di S2 Universitas Advent Indonesia TA 2024/2025

Tata Cara Pendaftaran

  • Registrasi Online
  • Melakukan Pembayaran
  • Pelaksanaan Ujian Masuk
  • Mengisi Formulir Data Diri
  • Melengkapi Dokumen

Biaya Pendaftaran

  • Biaya Pendaftaran Rp. 750.000

Loading